Thursday, 19 February 2009

persahabatanku juga kepompong (part 1)

"Persahabatan bagai kepompong
Mengubah ulat menjadi kupu-kupu
Persahabatan bagai kepompong
Hal yang tak mudah berubah jadi indah
Persahabatan bagai kepompong
Maklumi teman hadapi perbedaan
Persahabatan bagi kepompong"

lagu ini mengalun senja itu, juga senja2 yang lalu...mampu membuat isi kepalaku ini mencoba memahami artinya...ehm, well...persahabatan. Penganalogian yang sangat manis dari kata persahabatan dengan kata-kata kepompong. kepompong adl fase yang dialami oleh ulat untuk bermetamorfosis menjadi kupu-kupu. begitulah....kisah persahabatanku pun hingga detik ini adalah proses itu...proses menjadi kupu-kupu


aku ingin mengurai kisah persahabatn itu satu2. (kenapa???enggak knp2, pengen aja...hehe), kisah persahabatnku dr jaman TK sampai jaman kuliah.

tempo doeloe...TK

boleh dibilang hanya beberapa gelintir orang yg mo bersahabat dgnku masa itu (mungkin krn waktu itu aq super pendiem dan lugu,huehehe...), n yg plg aq inget satu diantaranya bernama...ARI. lupa nama lengkapnya ap. yg jelas dia ini dr kaum adam...

next...yg kuingat, inilah kisah persahabatan pertamaku. ari bener2 tulus bsahabat dgnku. ini beberapa buktinya:

1. dia selalu tersenyum n menyapaku tiap pagi pas masuk kelas, kata pertamanya setiap hari adalah.."duduk sini aja num", dg wajah berbinar dia menggeser kursi di sebelahnya

2. dia selalu mengajakku istirahat bareng, mungkin kasian...dlm bayanganku kala itu...ari mungkin berfikir "kasian banget anak ini, berdiri sendiri kayak anak ilang", bayangan yg aneh...hehe

3. pas kelas seni rupa (membuat berbagai bentuk dr bahan warna2 kayak tanah liat (lupa namanya ap), kelas yg paling ga aku suka...ari dengan senang hati menawarkan jasany u membuatkan bentuk 'bebek' sama persis dg punyanya...bedanya leher bebek yg punyaku agak sedikit lbh panjang...n setelah itu dia bilang "kalo ditanya bu poni, bilang ini angsa ya jangan bebek."

4. dia selalu mengajakku pulang bareng walaupun ajakan itu selalu kubalas dengan gelengan kepala, n setelah itu dia langsung bilang..."duluan ya."

5. dia yg mengajakku u bermain 'memancing semut hitam' saat semua permainan TK dkuasai teman2 populer ketika itu, n lucunya...permainan itu sungguh mengasyikkan,sampai2 kami ga denger bel masuk kelas...hehe

6. dia langsung bangun menemaniku membacakan puisi 'GAJAH' di depan teman2 saat acara itu disiarkan langsung lewat radio RRI (saat itu aku bener2 grogi n cuma bisa jd patung)...akhirnya pertunjukkan itu selesai dg sukses^_^

sebenarnya ada banyak bukti n alasan...mengapa aku bilang, dialah satu2nya sahabatku di masa TK...seorang sahabat yg selalu bersedia membantuku saat aku menghadapi kesulitan2. dia membantuku berproses u terus belajar percaya diri, berbuat baik... membantuku berproses sebagai kepompong...

ARI...sebuah nama yg takkan pernah kulupakan, sosok seorang anak cowok dengan rambut hitam lebat di belah tengah, kulit sawo matang, lesung pipi di sebelah kanan...n senyuman khasnya...

ARI...sesosok sahabat yg ternyata kutemui kembali 2tahun ini (sewaktu SD hingga SMA dia pindah ke liwa, sekarang dia kembali ke natar)... seorang temanku bilang:
"num, itukan ari. masih kenal ga kamu"
"iya???" cukup kaget karna sosok yg dibicarakan itu lewat tepat didepanku, aku berdoa dalam hati...semoga dia ga inget dg yg namanya 'anum' hehe...

tapi...berita tak menyenangkan itu datang...

ari yg luar biasa baik, ari yg sungguh-sungguh luar biasa baik itu...
ahh semoga berita itu tidak benar...

aku tak tau dia masih mengenalku atau tidak...tp aq tak berharap dia kembali mengenalku. aq hanya berharap...dia bisa ttp mjadi dirinya...seorang ari yg sungguh2 luar biasa baik...bersahabt tanpa pamrih...kembali bermanfaat u orang2 terdekatnya n sekitarnya...

ya Allah...berikanlah hidayahMu padanya...amiin

to be continued...^_^

4 comments:

LILI said...

apa bedanya teman dan sahabat. pernah dengar ungkapan: enemy of my enemy is my friend? or gak ada yang namanya teman yang ada hanyalah kepentingan? menurutmu?

_anum_ said...

beda teman n sahabat?

jd teman blm tentu jd sahabat, jd sahabat sdh pasti jd teman, ya sahabat...lebih dkt dg qt gt mbak (bener ga sih???)

menurutku...mmg ada (kebanyakan malaha)pertemanan or psahabatan yg ada kepentingan ttentu dbaliknya (ya ada udang dbalik batu), tp msh ada koq psahabatan yg djalin dg apa adanya, menerima n mberi (bs blg gini krn prnh mrasakan kedua-duanya...psahabatn krn ad kpentingan n psahabtan yg apa adanya)

Dewi Amelia RNH... ^_^ said...

Dunia ini indah dan bermakna karena ada ukhuwah di dalamnya. ibarat ukhuwah itu seperti dua bola matamu yang selalu melihat bersama, menangis bersama dan berjalan beriringan. juga seperti tangan dan kedua matamu. ketika tangan terluka mata menangis dan ketika matamu menangis maka tangan akan menghapus air matamu

dani.lc said...

Ketika kita ingin bersahabat berarti kita harus sudah siap untuk banyak memberi bukan untuk menerima