Saturday, 28 February 2009

persahabatanku juga kepompong (part 2)

Tempoe loemayan doeloe….SDN 7 Merak Batin

Di Es De seorang anum sudah mulai menampakkan wujud eksistensinya (maksudnya apa sih num?), itu loh…waktu TK kebawah kan dia orangnya super duper pendiem sampai2 hampir ga ada temen (ck..ck..ck…kesian). Nah di Es De, anum ini justru jd slh satu anak populer loh (populer???ah masa???iya tah???ga mungkin deh kayaknya???anum???salah orang kali???hehe…--mengutip slh satu perkataan seorang ukhti--^_^).

Yup…di SD, aq punya geng gitu….namanya “trio J”. nah…kita2 ini adalah anak2 populer loh…(dr td ngomong populer, maksudnya apa sih num? maksudnya populer… bkn kayak artis tp ya boleh dbilang ---sapa sih yg ga kenal anum?ani?nanda?---huehehe….murid2 kenal pasti, guru2 kenal juga pasti, mamang2 es, siomay, ibu kantin, de el el itu juga insyaallah kenal…hehe), lanjut….pertanyaan yg cukup penting, kenapa namanya trio ‘J’?, jawaban akan dijabarkan sebagai berikut:
Nama anggota : bulan lahir
Laila Ulsi Qodriani (ani) : Januari
Aisyah Permata Nanda (nanda) : Juni
Fadila Hanum (anum) : Juli

Nah dr jabaran diatas, pada tau kan kalo huruf depan bulan kami lahir itu semuanya huruf J?yup...itulah jawabannya. Memoriku tentang kedua sahabat es de ku ini begitu kuat....aku begitu mengenal mereka (walaupun kini kami amat jarang sekali ketemu...hiks).

Ani Dihatiku : seorang sahabat yang hiperaktif....yg bisa membuat seorang anum aktif juga (aslinya kan malu2 kelinci....^o^). Kalo cerita seru....kalo becanda lebih seru....ani itu bisa dibilang seorang anak yang cerdas dari sononya...bener deh, denger cerita mami (waktu kami bayi sempet tetanggaan) ani pas bayi pernah kena demam tinggi yang kesimpulan dokter kalo anak ini pinter...pinter banget, tapi kalo ga pinter....ga pinter banget (ga tau deh ilmiah or ga ini) yang pasti ani bener2 cerdas. Dari kecil dia hapal nama2 presiden seluruh dunia, jajaran kabinet indonesia, nama2 ibukota seluruh dunia, nama2 gunung, de es be itu....dan pernah dapet penghargaan gara2 kelebihannya ini.

Next...intinya dari hasil analisaku sendiri....kalo ani ga belajar, dia masih bisa dapet nilai gede dan dapet rangking 1...hiks....(koq hiks? Iya....gara2 ani, seorang anum dari kelas1-6 es de ga pernah dapet rangking 1, rangking 2 melulu....kadang malah nyasar jadi rangking 3, 5....hehe). well...tp bener deh waktu itu ga ada istilah iri dalam kamus kami, satu seneng semua seneng...satu sedih semua ikut sedih....so sweet^_^

Trus...kelebihan yg lain, ani ini pinter cas cis cus ngenglish...bahkan sekarangpun dia kuliah jurusan sastra inggris. Dia juga kalo nulis kidal (pake tangan kiri), tapi hebatnya lagi dia juga bisa nulis pake tangan kanan!...

Nanda Dihatiku : seorang sahabat yang lucu, suka ngomong dengan logat lampung,
enak diajak bercanda, ketawa....apapun yg dia omongin bisa kedengeran seruu...banget. ekspresinya itu yg ga nahan...hehe.
nanda orangnya....cukup aktif, tapi aktifnya lebih ke seru-seruan...misalnya nih ya...dia yg selalu punya ide untuk buat onar (tapi seru abisss...) seperti ngumpetin sendal, bolos les, de el el deh...

Ada banyak cerita seru dr pjalanan psahabatan kami. Biasa anak es ed, masih seputar sekolah... maen, sekolah... maen... belum punya pikiran mo gimana ke depannya. Ya jadilah kami bertiga kerjaanya...pas di sekolah suka maen, pas di luar sekolah lebih suka maen:-p.

Kami punya yel2 trio ’J’ loh....jadi ceritanya pas SDN 7 Merak Batin (tempat kami menuntut ilmu^_^) lagi direhab,dg sebab bagian atap sekolah kesayanganku ini retak2 gitu (bangunannya tingkat dua,dan sangat mengkhawatirkan terjadi reruntuhan...). jadilah seluruh murid dipindahkan belajarnya di sebuah rumah di samping SD ini yg kebetulan kosong dan kebetulan panjaaaanngggg...... banget (bener deh, ini rumah panjangnya minta ampyun). Nah...disaat-saat perbaikan itulah...kami bertiga kalo pas istirahat selalu menjenguk sekolah kami ini.

Dan hari itu kami beraksi buat yel-yel dengan urutan sebagai berikut:
1. berjejer di atas tangga (tangga punya bapak2 yg kerja ngrehab sekolah ini) dengan urutan: ani—nanda—anum (sesuai bulan lahir..hehe)
2. melompat satu-satu sambil beraksi dengan gaya masing2 dan meneriakkan bulan lahir masing2
3. ani : ”Januari!!!” melompat dengan gaya sailormoon mo berubah (sukses...)
4. nanda : ”Juni!!!” melompat dengan gaya karate siap2 melemparkan tinju kearah
lawan (sukses juga....)
5. anum : diem. Ga bergerak sambil mikir ”tinggi banget!!!....uwwaaa.... ”
6. 1 menit...2 menit....
7. ani/ nanda (lupa siapa yg ngomong apa) : cepet geh num, pegel nih...
8. ani/ nanda (lupa siapa yg ngomong apa) : iya! Cepet num
9. anum : ”saya ga usah lompat ya? Turun pelan2 aja ya? Saya ga bisa lompat?” ga tau deh tampangku waktu itu kayak apa....hehe
10. ani dan nanda : (ngangguk2....dengan gaya ga berubah se senti pun...)
11. anum : turun pelan2...pas sampe di ujung tangga baru lompat dengan gaya kecebong nyemplung kolam sambil teriak keras banget...”Juli!!!!!” (alhamdulillah sukses juga...^o^)

kisah lainnya yg ga bisa aku lupakan...(perlu saudara2 ketahui, anum itu punya ingatan sangat kuat dg peristiwa2 yg unik buat dirinya sendiri....begitu....—penting gitu num?^o^) adalah....sebagai berikut:
1. pernah masuk TV (TVRI tapi....hehe), kami bertiga dengan 2 orang teman lainnya di syuting lagi nari sembah (tarian khas lampung), jadilah hari itu kami lari2 keluar dari rumah dan ketemu di depan rumahku (kami nonton TVRI dirumah masing2), pas ketemu langsung lompat2 sambil nyanyi2 ga jelas ”masuk tivi...masuk tivi....”
2. pernah di setrap dengan pak amri (guru ngaji waktu itu) gara2...bikin banjir musola...hihihi. jadi pas kami bertiga dapet tugas piket membersihkan musola, sore harinya kami langsung ke musola sambil bawa perlengkapan bersih2 dr rumah....trus pas awal bersih2, nanda langsung nyiramin 1 ember air ke lantai musola, pas udah dia siram....eh langsung maen perosotan pake sapu ijuk (bisa ngebayangan gimana gayanya?) Ya otomatis kami berdua---aku ma ani—ikutan. Jadilah sore itu kami siram2an, perosot2an...sampe mandi malah di dalem musola. Next...eng ing eng...malemnya, kami di setrap deh dari awal ngaji sampe pulang....hiks....hehe
3. pernah bikin anak kecil (waktu itu kan dah ngerasa gede^o^) nangis di musola gara2 sendalnya kami umpetin. Jadi deh kami disetrap lagi....hehe
4. pernah langganan nari pas 17agustusan. Nari bawang merah bawang putih, tukang bohong, anak sapi, du di dam....sampe janur kuning...hihihi, lucunya....para penonton yg tiap tahun itu-itu juga....sampe bosen ngeliat kami nari...weleh...weleh....
5. well....ada banyak kisah seru deh pokoknya.....

persahabatan kami mengalir begitu saja seperti air....kadang lancar...kadang tersumbat.... ga jarang kami berantem, hari ini berantem...besoknya ngobrol...ketawa lagi....(lupa ceritanya kalo kemaren berantem...hehe). tapi di detik-detik akhir kami berada di es de tercinta...persahabatan kami diuji...

"dulu kita sahabat berteman bagai ulat
berharap jadi kupu-kupu
dulu kita sahabat teman begitu hangat
sehangat sinarnya mentari
kini kita melangkah berjauh-jauhan
kau jauhi diriku karena sesuatu
mungkin ku terlalu bersikap kejauhan
namun itu karena ku sayang...."

yup....nyaris sama dengan lagu diatas. Ada 2 masalah yg buat persahabatan kami renggang. Intinya masalah kebohongan dan pengkhianatan. Hiks.... ga perlu diomongin siapa yg berbuat dan bagaimana bentuknya. Yang jelas....gara2 masalah itu...pil pahit harus kutelan. Next...kalo dipikir, masalah ini sebenernya sepele. Tapi buat anak es de yang beranjak sok gede...bener2 suatu hal yg besar.

Tapi itu semua ga berkepanjangan. Karena kami sudah lulus....es de. Dan mulai masuk es em pe. Kebetulan pas SMP kami ga satu kelas....jadi masalah itu reda dengan sendirinya....

Tapi tenang sodara2....sampai saat ini pun kami masih berhubungan baik koq. Cuma jarang banget ketemu. Karena sebenarnya persahabatan kami pun berlanjut hingga SMP...

Stop press: untuk trio ’J’ ku (jika kalian ditakdirkan Allah membaca tulisan ini)....i mizz u all so much.*_*


3 comments:

Anonymous said...

anum..
ini ani..
gak nyangka ada tulisan ini..
kangeeeeeeeeeeeennnn...

Anonymous said...

anumm..
ini anni..
kangeeeen..
gaak nyangka ada tulisan ini ..

_anum_ said...

ani? wih....akhirnya baca jg... kok bisa nemu tulisan ini?hehe... kalo inget masa2 itu...rasanya pingin balik lg, suka senyum2 ngingetnya.

apa kabar bu dosen? hari rabu tgl 22 sept ini krumah si?makan mpek2...akhirny daku lulus,hehe