Monday 8 December 2008

KKL sambil jalan-jalan or jalan-jalan sambil KKL??? (part 4)

Dari pantai kuta kita naek angkot lagi ke terminal. Angkot yg satu ini full AC, alami gitu….jendelanya kebuka semua, sejenis bajaj tapi ukurannya sebesar angkot. Sopirnya ga mau berangkat kalo nih angkot ga penuh sesak. Dan akhirnya keinginan beliau terkabul. Bayangpun….full 32 orang. Hebat!...sepanjang jalan kita diliatin, sama bule2 lagi (hehe…), serasa turis asli:-p. lucunya pas ada kakek dan nenek bule ngeliatin sambil geleng2 kepala…dengan polosnya kami semua melambaikan tangan dan menyapa….”dadahh….”, akhirnya mereka bales tuh lambaian tangan dan sapaan kami, lucu….spontan deh kami ketawa….(bukannya malu ya, diliatin penuh sesak gitu,hehe…)


Akhirnya kita tidur juga secara normal (2 hr ini kan tidurnya duduk di Bus selalu)Alhamdulillah…. Hotel sari nikita. Dpt kamar no 314 d lantai 3. 1 kamar 4 orang….agey, dayang, resti, eni satu kamar. Vita sama anggun pisah….hiks, jangan sedih ya teman (padahal mah mereka dikamar depan,hehe…). Alhamdulillah…tidur nyenyak…zzZzz…zZZzzzz…




Subuh tiba. Jadi kangen denger suara adzan. Disini sama sekali ga kdengeran. Kalo dlampung mah sahut2an (ya bedalah num). yang ada suara anjing sahut2an….ngeri. ini nih satu lagi, ternyata di denpasar ini banyak banget ya anjingnya. Dimana2…didalam rumah, diluar rumah, djalan2…berseliweran.



Ba’da subuh, aku sama itul marathon di sekitar hotel. Merasakan suasana denpasar di pagi hari. Lumayan sepi (rame anjing,hehe). Kita keliling, wahh diliatin terus sm org2 sini. Mungkin langka kali ya orang2 sejenis kita ini,hehe…(emang jenis apa num?). setelah lumayan berkeringat, kita balik ke hotel. Satu kesimpulan lagi tentang bali…banyak banget patung dan pohon2 gedenya trus dikasih kain yg warnanya hitam, putih dan kuning. Kata beli wayan, ini untuk menetralkan. Menetralkan apa ya? Emmmm menetralkan…apa ya…..Hehe….lupa.




Ok. Sampe di hotel. Mandi. Makan. Dan siap-siap berangkat lagi…ceritanya, pas keluar dr kamar hotel, dkt tangga ada pengantin bali euy, sama photografernya kayaknya…trus dia minta photo brg tuh pengantin, ya udah deh dengan senang hati….(keesokan harinya, qta musti bayar tuh photo...10ribu euy!, yah...apalah daya)



Next… come on melanjutkan perjalanan KKL eh jalan-jalan kita. Tenang saudara2, hari ini kita mo ke kintamani, agrowisata jeruk. Nyambungkan dengan KKL kita?...good…good…good! so….berangkat!!!!


Bismillahirrahmnaanirrahiim……..


Di kintamani ada gunung yg gundul (katanya baru meletus, tp kurang tau jg ding), tapi nice view deh, apalagi danau di sampingnya….subhanallah…tp sayang kita ga kesana, coz agrowisata jeruknya ga disana. Ga masalah jg sih, kita sempet photo2 koq (hehe…), ini nih hasilnya….



Di agrowisata jeruk kita ngdengerin penjelasan dr para petaninya, dr awal pembibitan sampai ke pemasaran (ternyata jeruk dr sini dpasarkan sampai lampung jg loh….^o^.) btw, disini ada satu buah-buahan yg baru pertama kali kami temui…terong belanda. Rasanya kayak markisa gitu deh, tp ga asem, mnis-manis sepat…lumayanlah selagi gratis!huehehe…..



Dr sana, perjalanan langsung dilanjutkan. Kita mo ke ‘tenun galuh’…kurang paham juga kenapa tempat ini jd tempat tujuan, eh ternyata ini nih sejenis toko baju gitu (ga baju aja sih, ada pernak-pernik lainnya mungkin sejenis minimarket) ya mulai deh belanja…tp mahal-mahal, eh ternyata kata mbak operatornya diskon ½ harga. Ow…ow…ow…tp…tetep aja mahal (hehe….)



Ngomong2 ttg belanja nih, ada cerita lucu banget. Itu tuh si Anggun permata sari…pas belanja di Joger bener2 khilaf. Tanpa sadar dia menghabiskan uang 500ribu cuma untuk beli baju (ck…ck…ck…), trus pulang dr sana (mereka ke pantai kuta cuma sempet menginjak pasirnya, udah magrib. kesian….huehehe…) pas di angkot sampe sekarang dia banyak melamun gitu kalo abis belanja. Entah menyesal entah apa…lucu ekspresinya, kayak orang yg baru sadar dari pingsan. He2……tp sayang g ada dokumentasinya. Padahal sungguh deh, lucu…..banget!



Setelah melihat-lihat dan photo2 di belakang tenun galuh (ceritanya di belakang ada tamannya) kita langsung menuju atraksi barong di sebelah (di sebelah tenun galuh). Lagi-lagi nih, bule2 pada numpuk (numpuk? Emang baju numpuk?). Lumayan lama nunggu si barong keluar, deg-degan mungkin dia ya (hehe…), dan akhirnya datang juga!!! Sumpah deh ga ngerti apa yg mereka lakukan di depan sana, untung ada kertas ceritanya, jd sambil nonton sambil baca tuh kertas. Tentang barong melawan rangda. Tentang kebaikan melawan kebatilan….



Lanjut….kita ke….tempat penjualan bed cover (gilee bener….nih KKL maksudnya apa coba?). ga berminat liat2 tuh bed cover, mending photo2 d sebelah (tmpt pjualan pernak-pernik gitu, ada layang-layangan, topeng, de el el).


dan shoping kita selanjutnya adalah....cincin pengikat hati (apa???), yah...begitulah, dg yakinnya beli wayan bilang, bagi yg punya pasangan lebih baik beli cincin disini karna akan mengikat hati masing2...(anum koq tumben ga protes??? diem aja....? ya gimana...la wong belum ada pasangan, jd masa bodo amat deh sama tuh cincin,hehe...), hal yg paling mbahagiakan di tengah terik matahari ini adalah...aku ketemu dg sobat lama....mamang es buah!!! subhanallah mamang...kita ketemu di bali (num...num...mamang yg ini teh beda...)



Kita lanjut ke ‘cening ayu’, itu loh pusat oleh2 bali. Bener2 nih KKL hari ini, full belanja…tp ya pd semangat. Beli kacang rahayu, brem, jenang, de el el…eia disini ada lulur bali titipan susan, murah nih…Cuma 12ribu 5ratus (dlampung 25ribu itu jg susah dapet yg asli_kata susan ini_), aq sms susan, dia pesen 8biji (gileee…banyak bener san!), tp aq cm bs nalangin beli 5biji, 1untuk nyoba sendiri (sampe rumah sempet diprotes kenapa cm beli satu,hehe…ternyata). Jadi deh pas dikasir diejek-ejek, “cie…cie…yg ngborong lulur.” Kt mereka tuh. Dah dbilang ini titipan. Masihh…aja.



Terus kita ke pasar seni sukowati. Belanja lagi…belanja lagi….yg ke agrowisata br satu, yg ke tempat belanja dah 4 kali selama di bali. Tapi berhubung katanya di sini murah2 (dengan kualitas yg juga murah katanya), ya semangat 45 deh padaan. Tapi…pengalaman di sukowati adalah pengalaman paling tidak meyenangkan selama KKL (saingan lah sama pengalaman mabok darat pas di Garut,hehe…), tragedi itu terjadi pas pertama masuk nih pasar…begini detailnya:



Mbak penjual : “ayo mbak, liat-liat dulu, mau cari apa? Pilih-pilih dulu nanti kita pastikan harga.” Suara khas Bali itu terdengar diantara suara2 lain yg menawarkan dagangan yang sama.



Aku : (tertarik untuk melihat baju2nya)”liat-liat dulu ya mbak?”



Mbak penjual : “iya liat-liat dulu, pilih-pilih nanti warnanya macam-macam”



Aku : “plastiknya boleh dibuka mbak? (disini semua bajunya dlm plastik, jd ga tau bahannya tebal atau tipis”



Mbak Penjual : “iya boleh, mbak mau pilih yang mana?”



Aku : (ternyata bahannya tipis banget. Ada yg lebih tebel ga ya?) “mbak ada baju yang lebih tebel ga?” tanyaku kemudian



Mbak Penjual : “kita sepakat dulu harganya, nanti dipilih mau yang mana” suara itu meningkat satu oktaf.



Vita : “gey, cari tempat laen yuk?”



Aku : “Makasih ya mbak, mo kesana dulu”



Mbak penjual : “ga bisa gitu, mbaknya sudah buka-buka, sepakati dulu harganya, mbaknya sudah buka-buka. bla..bla…bla…”

Astaghfirullah’aladzim…suara itu meningkat 2x lipat. Marah rupanya nih mbak penjual. Ga berenti2 lagi dia ngomong. Di lampung, ga pernah aku temuin penjual kayak gini.



Aku : “ya sudah…biar saya lipat lagi” (pake logat bali nih ceritanya, kebawa suasana dg mbak ini,hehe…)



Mbak Penjual : “yang rapi lipatnya, mbaknya dibilang pilih-pilih dulu malah mau pergi. Dilipat yang benar! Bla…bla…bla…”



Aku : (Masyaallah nih mbak, ga berenti2 ngomelnya….sabar…sabar num) aku terusin tuh pekerjaan melipat baju, sambil diam seribu bahasa (abisnya masih ga habis pikir dg penjual satu ini, koq ada ya….)



Mbak penjual : pilih-pilihlah dulu. Mbaknya mau yang mana?”



Aku : (wahhh…luar biasa, langsung berubah gitu nada suaranya, turun langsung 4 oktaf) aku geleng-geleng kepala. Lembut banget. Walau gimana pun dah ga sreg mo belanja di sini. Gratis juga ga mau, yakin. Yg namanya bisnis berdagang itu diutamakan tuh customer service…soalnya, berdagang juga bisa bernilai ibadah, penawaran dilakukan dengan santun, sopan, jujur, tidak mengada-ada.

Tiba-tiba….mbak penjual itu menarik bungkusan plastik isi tuh baju dr tanganku dengan kasar. Aku jelas kaget.



Mbak penjual : sini! Lipat baju yg rapi. Mbaknya ga mau pilih-pilih, sudah buka-buka mau pergi gitu aja…bla…bla…bla….



Sudah ga kudengarkan lagi tuh omelan. Rasanya pengen aku balik ngomel (belum tau nih orang gimana kalo orang lampung dah marah!)…Astaghfirullah’aladzim…sabar…sabar. Cukup diam, trus pergi dr sini num….sampe di ujung belokan…huffff akhirnya…. Kesan pertama begitu mengecewakan…aku dah ga mood mo belanja nih. Tp inget era, aat sama havez, mo beliin mereka baju…ya liat nanti aja lah…



Aku cari vita ma eni yg ninggalin gt aja, mereka lg nawar2 belanjaan, eh pas aku cerita, mereka ga tau tragedi tadi coz kirain aku dah nyusul di belakang mereka. Dasar….langsung pergi gitu aja rupanya. Ga tau apa temennya td diserang…(hehe…sule sih num)


Akhirnya dapet jg oleh2nya (cukup mencerminkan nih oleh2 asli dari bali,hehe…). Untuk era, aat, havez, mami, ajeng, ami, kiay pusat sama titipan papahnya susan (lumayanlah, diliat2 sih bagus dan kualitasnya lumayan). Cukup segini aja, sisanya kita beli di jogja….lagipula abis ini kita mo ke pantai sanur….Yippiii….eits… Alhamdulillah…



Dah di pantai sanur. Bentar lagi magrib. Ya ga buang2 waktu lg, kita photo2…. Subhanallah pokoknya, pantai ini indah banget…(tapi sayang, ga sempet bikin puisi,hehe..), dah magrib kita pulang ke hotel. Ternyata dayang, resti, arif, budi sm tris lg ke masjid di sanur. Huwwaaa…..koq ga ngajak2 sih, hiks…..pas mereka dah ke bus, cerita kalo masjidnya gede dan bagus banget….tu kan jd menyesal….Ya Allah, semoga waktu shalat magribnya belum abis, ampuni hamba ya Rabb…



Sampe di hotel. Sekitar jam8 mlm, kita ke gramedia (sekitar 200 m dr hotel). Ya biasa….kalo anum dah ke toko buku, serasa pengen semua buku diborong…pas di detik2 terakhir nih ‘nikita plaza’ mo tutup. Cpt2 aku pilih satu buku (ceritanya sampe rumah br sadar kalo nih buku ‘beda’. Wahhh…kebiasaan ga liat2 dulu sapa pengarang dan penerbitnya. Astaghfirullah’aladzim. 45ribu melayang begitu saja (coba beliin bukunya ibnul qayyim aljauziyah or amru khalid or aidh al qarni or daud rasyid, or penulis2 luar biasa lainnya yg udah jelas2 salafushalih), ya ambil hikmahnya aja lah-nasi sudah menjadi bubur-jadikan bubur itu tetep enak dimakan dg terus berhati-hati milih2 buku ttg islam.



Malam terakhir di pulau Bali…menyimpan kenangan menyenangkan dan kurang menyenangkan…sungguh, ini tak mungkin terlupakan (ya kapan lagi coba bisa ke bali…:-p), lalu pulas tidurku…..~_~


Kembali bersambung…..sabar, sabar (hehe…)

1 comment:

Dewi Amelia RNH... ^_^ said...

Lucu banget Num ceritanya ^_^