Monday 8 December 2008

KKL sambil jalan-jalan or jalan-jalan sambil KKL??? (part 6)

Perjalanan dilanjutkan….ternyata planning agrowisata dtambah satu lagi saudara2…Alhamdulillah…




Kita mo ke singaraja, tepatnya ke desa banjar. Disana ada agrowisata anggur… pas sampe sana, qt pd dusun semua ngliat anggur terbentang sejauh mata memandang. Langsung deh photo2, padahal dah dsuruh cepet dtg krumah pak made budiase (sampe hapal,coz beliau ini ngasih kita makan anggur gratis sepuasnya sih…hehe). Sampe dirumah beliau ini, wahhhh…..banyaknya anggur…..ya langsung deh pada gragas…. Rata2 ga pd dengerin pak made beserta anggota kelompok taninya itu ngomong (malah pada kebelakang ngobrol n makan anggur, dibelakang anggurnya lebih banyak,hehe….ck..ck…ck) pulangnya qt pd beli tuh anggur, murah banget!!! Cm 5ribu sekilo!!!! Oh no!!! (sule….sule….sih num,hehe.




Perjalanan menuju pelabuhan gilimanuk. Area terakhir kita di bali. Hiks…hiks…sedihnya. Sampe gilimanuk menjelang magrib. Pas di kapal titik2 cahaya lampu di pulau bali terlihat lagi. Kali ini kita mengikuti arah angin…..bali….slmt tinggal, bahagia sekali sempat menginjakkan kaki diatasmu. See u next time (hehe…..ngarep banget num).




Malam ini kembali tidur tak normal…ya Allah perkuat fisik kami, rasa2nya lelah sudah sampai tahap level tinggi. Mlm di bus kembali lucu. Entah sapa tuh yg mulai, gara2 banyak yg mabok darat (anehnya, yg kena adl mereka yg kemaren ga kena, malah yg ngejek2in tuh,hehe…gantian ya teman2) para cwo2 mciptakan sebuah lagu buat mereka yg mabok. Masih hapal nih dg tuh lagu, lucunya malah bikin yg mabok ketawa2 juga, dg irama lagu ‘mari kita lakukan’ itu loh:


“sapa yang mau muntah siapin keresek

keresek!!!

sapa yang mau muntah siapin keresek


keresek!!!


sapa yg mau muntah mari kita lakukan, sapa yg mau muntah siapin keresek


keresek!!!”


buat yg ga tahan lagu ini bikin mereka muntah beneran (kadang2 tega banget tuh mereka)…





pagi hari di rumah makan. Lupa namanya apa,hehe….abis mandi, makan, ngcas hape dan beres2 disini kita langsung ke agrowisata salak pondoh jogja, pas sampe sana ujan deres banget….mana ngantuk luar biasa lagi, ya udah deh dipinggir tidur lelap (sama sekali ga tau apa yg diomongin mereka) bangun2 dibangunin dayang karna dah mo lanjut lagi pjalanannya….trus shalat dulu dan sempet beli salak pondoh (ceritanya nenek yg jual itu bilang td ada yg pesen tp ga diambil, ya udah aku yg jd beli), eh ga taunya kami bertiga (aku, dayang, sama resti) sempet ktinggalan bus, busnya dah jalan lumayan jauh…kita pada lari2 tuh ngejer bus. Ck…ck…ck…




pas di bus anggun bilang kali ini aku harus nyatet ttg agrowisata yg bentar lg kita kunjungin, ya aku ga bs bilang apa2 coz emang dr pertama aku ga pernah nyatet (bukan berarti ga denger loh….susah mo menyimak dg baik kalo sambil nyatet…hehe…alesan) ya akhirnya di tengah hujan deras, aku paksain untuk ikut turun ke agrowisata sapi perah boyolali (kali ini beda, kata pak suarno kita bisa minum susu sapi langsung dr sapinya,wahhhh…gmn ya rasanya?hehe…), padahal ngantuk td masih kebawa rasanya, mereka pada di bus (eni, vita sama anggun). Aku, dayang sama resti yg ikut. Eh disana kita sama sekali ga minum susu (padahal berharap banget tuh,hehe…), jangankan mo minum susunya, ngeliat sapinya aja cuma dr kejauhan. Kita justru masuk dlm ruangan seminar gitu, dsana dah ada Pak Drajat (yg punya nih agrowisata), beliau ini entrepreneur agribisnis sejati ….bayangpun, alumni fakultas hukum n pernah berprofesi sebagai pengacara eh malah beralih mgeluti agribisnis. Dan yg bikin kita surprise banget adalah….beliau ini trainer jg, ya sahabatan lah sama pak ary ginanjar dan bu fadila hanum (hehe…mimpi num, ya menghayal dikit ga papa kan?). jadi yg ada, kita bukannya dikasih penjelasan ttg sapi perah eh malah dkasih semacam pelatihan motivasi bisnis gitu…Alhamdulillah…dg begitu, manfaat yg bisa aku peroleh adalah sebagai berikut:


1. ga ngantuk sama sekali


2. ga nyatet (hehe….maaf nggun, bukannya ga mau nyatet ini mah, tp emg ga ad yg dcatet)


3. ga ngeluarin duit untuk ikut pelatihan luar biasa kyk gini. Banyak banget ilmu yg didapet.


4. ga nyesel sempet di syuting dan photo2 bareng pak drajat, (hehe….apaan sih num)


ini agrowisata yg paling banyak ilmunya deh….ilmu tentang bisnis dengan Allah. Luar biasa kan? inti dr penjelasan pak drajat adalah agar kita menjadi manusia beruntung dunia akhirat dg mengamalkan QS Al-Mu’minun 1-11


“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam shalatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. dan orang-orang yang memelihara shalatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.”


dan QS Al fatir: 29-30


“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.”


Ya Allah…masukkanlah kami kedalam golongan orang2 yg beruntung itu. Amiin ya Robbal’alamiin…



Dampak dr mendengar pjelasan pak drajat adalah….kita2 yg tadinya ngantuk, lemes, letih, lesu, lunglai (akibat kurang darah itu mah…hehe) jd pada balik lagi semangatnya. Apalagi kak mus’ab (sesepuh kita di sosek,hehe….tuh kak, disebut namanya sama anum,hebat ga tuh??hehe) sepanjang pak drajat ngomong di depan dia sampe ga mingkem sama sekali (aku ma dayang jd ga bs nahan ketawa…..huehehe….maaf kak, just kidding). Trus dia langsung semangat photo2 sama sapi (hehe…semangatnya malah kesana, apa hubungannya ya?). ya mungkin ini salah satu hikmahnya kita KKL, bs dpt ilmu luar biasa kyk gini….ga akan takut dan menyerah deh dg cita2 selama ini (baru2 ini sebenernya)…jd seorang muslimah entrepreneur di bidang agribisnis….tssahhhh ….hehe…eit… amiin ya Robbal’alamiin.



Setelah semangat yg semula kendur itu muncul kembali…kita ke malioboro (pas banget nih semangat ….untuk belanja,hehe…), abis magrib kita rame2 menyusuri kota yg ga pernah tidur ini. Kata mas adi kalo nawar barang….sampe ¼ harga dr penawaran awal penjual. Intinya tergantung pinter2 kita nawar. Ya berlangsunglah acara tawar menawar itu…



ada kejadian lucu nih. Pas dayang lg milih2 baju batik untuk bapaknya, didepannya aku ngeliat banyak pernak2 tradisional khas jogja gitu….unik, lucu, bagus pokoknya….ya aku coba tawar tuh gelang (gelang dr bahan tikar tradisional itu loh), aku tanya sama penjualnya sambil ngangkat satu bundel (sekitar 30biji) gelang, mas ini lagi makan,


“mas, ini harganya berapa?”


“20ribu mbak.” Jawab dia sambil terus makan nasi bungkus


“5ribu ya.” Tawarku (1/4 harga kan?hehe…)


“ya.” Jawabnya singkat sambil ngangguk2 kayak ayam matuk…hehe…


ya jelaslah aku seneng banget, aku pilih deh 2 bundel (lumayan kan oleh2 untuk adek2 tingkat 06, 07, 08, adek2 risma, de el el….ga abis deh 60 biji). Pas aku dah bayar 10ribu, aku agak ragu juga coz kalo dipikir2 koq ya murah banget gt…..jd aku ga langsung pergi dr situ…trus dia bilang (ceritanya langsung berenti makan gitu,hehe…)


“mbak….maksudnya 5ribu satu biji. Jd kalo 10ribu dpt 2biji.”


Olala….aku malu luar biasa deh. Mana diliatin kayak gitu lg sm tuh mas penjual….dia seolah2 ngomong dlm hati,


“maunya 5ribu 30biji…..ke laut aje sono..”


hehehe….ga segitunya kali num.


1 detik. 5 detik. 10 detik…..sekitar 30 detik terdiam (sambil pelan2 naruh lg tuh gelang, cak2nya milih2 lagi,hehe)……akhirnya aku ngomong (sebelumnya dah pasang muka sok ga peduli tuh),


“kalo gt, ga jd deh mas, ga apa2 ya?” aku ngomong gt tanpa ngeliat orangnya, malu….hehe


langsung deh aku ngibrit ke tempat dayang td milih2 baju. Ga apa deh malunya cuma sama mas penjual itu, ga kenal ini…hehe…



next…belanja dilanjutkan, kita nyerbu baju, celana, tas, de el el khas jogja…uang sampe ludes…des…des. Tapi ga apa, yang penting semua orang penting dalam hidupku kebagian oleh-oleh (hehe….). tp pas sampe di bus…ke bongkar semua deh kita2 yg katanya pada ketipu, misalnya harga baju yg bisa dtawar 20ribu eh ada yg beli 10ribu… celana yg 15ribu eh ada yg beli 7ribu 5ratus….ck…ck…ck. tp kalo aku bilang sih itu namanya bukan ketipu. Yg namanya tawar menawar itu, akan sah jika dan hanya jika:


1. ada penjual


2. ada pembeli


3. ijab qabul


jd kalo udah sepakat sm harganya (pembeli dan penjual cocok dg harganya), ya udah sah deh tuh jual beli, ga ada yg ketipu dan yg menipu….ya ga??? (wallahu’alam)



malamnya kita check in di hotel musafira. Dapet kamar paling ujung deket dapur. Jadi gampang kalo tiba2 laper (hehe…maksudnya???). ya disanalah terjadi reuni es em a…rata2 yg punya tmn sma trus kuliah di jogja langsung ketemuan gt, termasuk tmn2 dr smanstar dunk….ada dimas, ipun, yona, ardy (kaum adam semua ceritanya). Jd ya sampe lumayan malem banget, kita (aku, naris, amel sama anggun) ketawa2 ngedenger dimas dkk melawak (hehe…). Trus sempet photo2….



Pagi harinya kita beres-beres mo check out. Rencananya abis ke borobudur dan agrowisata terakhir (agrowisata buah naga) kita langsung pulang ke lampung (lampung, dah kangen banget nih…terutama sm masakan my mami-masakan rumah makan or hotel selama KKL ga ada deh yg bisa ngalahin- sungguh ini pengakuan jujur dr anakmu,hehe…).



Eh ddpn hotel ada willy (tmn sma jg), denger2 sih dia ini jd vokalis tim nasyid djogja…namanya kalo ga salah Baretha nasyeed (betul ga ya willy?hehe), dan sampe sekarang aku msh nunggu tuh VCD gratisnya…hehe…



Pagi yang mendung. Semendung hatiku hari ini. Disebabkan oleh baju KKL yg baru dibagikan. Bayangpun teman2, masa dpt yg tangan pendek…jd harus pake jaket kemana2…(ck…ck…cm gara2 baju bs bikin hati mendung?sule sih num,hehe…). Tp ternyata sampe borobudur gerimis (jd ada hikmahnya jg pake jaket, alhamdulillah). Jd ya kita liat2 dan naek ke atas borobudur disertai hujan rintik2, tp itu ga mengendurkan semangat kita untuk photo2 koq,hehe….pas mo ke bus (msh dijalan) qt keujanan. Ya lumayan basah kuyup. Ya Allah, kuatkan fisik kami…..



Dari sini kita langsung ke agrowisata buah naga. Lumayan paling sebentar kita denger penjelasan para petani disini, langsung lanjut perjalanan pulang. Yup…yup…yup…mlm dlm bus lagi…kita dah terbiasa, jd ceritanya ga ada yg mabok lagi (sebab utama karna ga ada jalan kelok2 lagi sebenernya). Akhirnya kita mo pulang….kurindu lampung, kurindu natar, kurindu Negararatu, kurindu baiti jannati, kurindu kamarku…..



Pelabuhan merak….ke pelabuhan bakauheni….kembali kumenginjakkan kaki di tanah kelahiranku ini….Alhamdulillah…. i’m back to home…..sampe rumah sekitar jam stgh2, disambut dg senyum hangat kedua orangtuaku dan ke-4 saudara2ku….



KKL oh KKL…..walau kau dipenuhi nuansa jalan-jalan…tp ilmunya jg ga kalah penuh. Alhamdulillah….semoga lulus dan dpt nilai A (amiin…kalian yg baca tulisan ini…doakan ya???musti, kudu, wajib, harus!!!hehe…), kan gawat tuh kalo ga lulus, mesti ngulang lg thn depan. Pengen sih ke bali lagi….tp kalo ngeluarin uang satu juta 3ratus lagi…????oh no……thanks a lot deh!!!! Hehe…..


_The end_ akhirnya....hehe

No comments: